LifeStyle
Home » , » Aceh Kembali Gelar PKA ke VI Pada September 2013

Aceh Kembali Gelar PKA ke VI Pada September 2013

Rabu, 21 Agustus 2013 02.16 WIB


Pekan Kebudayaan Aceh VI Digelar September 2013

Pekan Kebudayaan Aceh telah dilangsungkan sejak tahun 1958. hingga saat ini, PKA telah berlangsung sebanyak V kali penyelenggaraannya. Sejarah mencatat bahwa, PKA I diselenggarakan pada tahun 1958. ketika itu ide penyelenggaraan acara PKA I ini di ilhami oleh kesadaran tokoh-tokoh Aceh pada saat itu pentingnya penyelesaian sesuatu melalui pendekatan budaya.

Ide PKA disambut hangat oleh masyarakat. Masyarakat merindukan kebesaran budaya indatunya, menghidupkan dan melestarikannya, terutama adat dan kesenian, yang nyaris hilang setelah sekian lama terpendam dan hilang akibat sejarah Aceh yang suram dirundung oleh konflik.

Yang paling penting lagi terwujudnya cita-cita rakyat untuk membangun kembali pendidikan di Aceh, yang ditandai oleh berdirinya Kopelma Darussalam pada tahun 1959. Dengan terlaksanakannya acara PKA I maka diusulkan PKA II, PKA III, PKA IV dan PKA V. maka acara PKA selanjutnya akan di laksanakan pada bulan Agustus 2013 mendatang.

Pada tahun 2013, Pekan Kebudayaan Aceh, akan dilaksanakan pada bulan Agustus tahun 2013, PKA tahun ini, telah dipersiapkan berbagai rangkaian acara, rangkaian acara dimaksud akan ditampilkan di berbagai tempat di Aceh.

Perayaan PKA tahun ini, telah dicanangkan beberapa tahun sebelumnya, dimana tahun pelaksanaan PKA kali ini juga bersamaan dengan tahun kunjungan wisata Aceh 2013, PKA VI, tentu akan lebih meriah dari PKA sebelumnya, disamping diikuti oleh 23 kabupaten/kota, kali ini, juga akan diikut sertakan beberapa provinsi yang ada di indonesia dan beberapa negara sahabat, seperti, Malaysia,Thailand,Philipina dan beberapa negara lain di Asia.

Beberapa acara pokok yang rutin dilaksanakan pada saat pelaksanaan PKA, antara lain, Pawai Budaya, pertunjukan kesenian tradisi, permainan rakyat, dan pameran berbagai produk lokal kabupaten/kota yang ada di Aceh. Pembukaan acara PKA setiap kali pelaksanaanya, dibuka oleh Presiden republik Indonesia, acara berlangsung selama 2 pekan, lokasi pelaksanaan PKA tepatnya di Taman Ratu Safiatuddin. pada penghujung acara biasanya ditutup oleh Wakil Presiden.
Share this post :

Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi Developers Blogger. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

0 Comments
Comments